Lampu Pantai Mati, Picu Kejahatan

Lampu Pantai Mati, Picu Kejahatan

\"4.RIO-ZONAGADING CEMPAKA, BE - Seringnya terjadi tindak kekerasan seperti perampokan dan pembunuhan di kawasan objek wisata Pantai Panjang, penyebab utamanya karena pada malam hari kawasan ini gelap gulita. Akibat lampu jalan disana mati semua alias tidak ada yang menyala. Kondisi gelap itu dimanfaatkan pelaku kejahatan untuk beraksi merampok pengunjung atau pengendara yang kebetulan melintas di kawasan tersebut.

Hal ini berdasarkan hasil rapat Para Pejabat Polda Bengkulu sekitar pukul 10.00 WIB kemarin. Rapat yang dilaksanakan khusus membahas maraknya aksi kejahatan di kawasan objek wisata tersebut. Rapat ini diikuti seluruh pimpinan Jajaran Direktorat Reserse Kriminal Umum. \"Ini Pak Wadir tadi juga ikut dalam rapat itu. Intinya kita akan menertibkan tempat-tempat hiburan,\'\' cetus Direktur Reskrim Umum Polda Bengkulu Kombes Pol Dedy Irianto SH, pada BE usai rapat kemarin.

Dedy mengharapkan ada sinergisitas antara Kepolisian dengan Pemda Kota Bengkulu, untuk menerangi kawasan yang disinyalir rawan menjadi lokasi kriminalitas. \"Tempat-tempat yang gelap itu menjadi rawan bagi para perampok untuk melakukan kejahatan.

Kita dari polisi pun kadang-kadang belum tentu bisa mendeteksi adanya pelaku kejahatan ditempat gelap, seperti disekitar kawasan seperti di Pantai Panjang kemarin, misalnya. Makanya kalau Pak Walikota bisa membuat terang kawasan-kawasan seperti itu, maka akan cukup membantu,\" bebernya.

Disisi lain menyikapi maraknya tindak kekerasan yang terjadi di Bengkulu akhir-akhir ini, Polda bakal menggelar razia rutin. Sasaran dari razia ini tempat-tempat hiburan yang  buka melewati batas waktu  yang tekah ditetapkan.

\"Untuk menekan angka kejahatan yang semakin tinggi beberapa waktu terakhir, kita menggelar razia rutin. Sasaran kita utama kita tempat-tempat hiburan. Kalau ada tempat hiburan yang tutup terlalu larut, kita berikan tindakan tegas,\" imbuhnya.

Pejabat Polda menilai, saat ini masih banyak tempat-tempat hiburan yang belum tertib. Mereka ini sering melanggar ketentuan, seolah-olah polisi tidak berbuat apa-apa menyikapinya. \'\'Sudah kita ingatkan pun kadang masih seperti itu. Makanya razia ini akan kita gelar secara rutin,\" paparnya.

Untuk mengurangi tindak kejahatan ini, Dedy juga mengharapkan partisipasi dari masyarakat umum agar membantu peran kepolisian. \"Laporkan kalau ada tindak-tanduk yang mencurigakan. Termasuk kalau ada balap-balap liar itu, nanti pasti akan kami tindak mereka itu,\" pungkasnya. (009)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: